Posbindu Paya Tumpi Baru Lakukan Tes Kesehatan Calon Anggota KPPS

  • Dec 17, 2023
  • KIK
  • KESEHATAN

Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Tawar Bengi Kampung Paya Tumpi Baru lakukan check kesehatan kepada warga desa yang mendaftar sebagai calon KPPS di Kampung Paya Tumpi Baru. Jumat 15 Desember 2023. 

Ibu Kurniati, salah seorang Kader Posbindu Tawar Bengi mengatakan, hari ini Jumat, kami dari Posbindu melakukan check kesehatan kepada calon KPPS dan hasil check kesehatan ini akan kami sampaikan ke Puskesmas Kecamatan Kebayakan.

Menurutnya, check kesehatan ini untuk membantu Pukesmas dalam proses check kesehatan anggota KPPS agar tidak berdesakan di Pukesmas Kecamatan. Pukesmas nantinya menerima data kesehatan yang dibawa oleh masing-masing calon KPPS yang selanjutnya, berdasarkan hasil check kesehatan di desa, Pukesmas tinggal lagi mengeluarkan surat Keterangan Sehat. 

Ketua PPS Kampung Paya Tumpi Baru, Fadli Auliansyah, mengatakan, Paya Tumpi Baru membutuhkan 21 anggota KPPS untuk pemilu 2024 akan datang untuk 3 TPS yang ada di Paya Tumpi Baru. Sampai dengan hari ini jumlah warga yang terdaftar masih 12 orang. Didominasi oleh peserta perempuan. 

Kepada anggota KPPS sebagaimana aturannya, diberikan kuota untuk perempuan 30 persen, Pemuda 40 persen dan selebihnya dari unsur masyarakat biasa ASN serta PNS.

Check kesehatan ini menurut, Fadli, penting dilakukan di desa karena mengingat deteksi dini terhadap kesehatan anggota KPPS. Sebab nantinya kerja dari petugas KPPS cukup menyita tenaga dan waktu. Hal itu terjadi sebelum pelaksanaan pemilu dan sesudah pemilu berlangsung. 

Reje kampung Paya Tumpi Baru, Idrus Saputra, S.Pd, mengatakan,  apa yang dilakukan Posbindu Tawar Bengi bekerja sama dengan PPS Kampung Paya Tumpi Baru adalah sebuah hal yang baik. Semoga kampung lainnya dapat melakukan hal yang sama dalam upaya desa untuk membantu proses Pemilu 2024. (KIK)