Kampung Paya Tumpi Baru Ditetapkan Sebagai Desa Mandiri

  • Apr 01, 2024
  • KIK
  • RUANG PEMERINTAHAN

Kampung Paya Tumpi Baru ditetapkan sebagai Desa Mandiri tahun 2024. Status Penetapan Desa Mandiri berdasarkan penilaian standarisasi dan evaluasi Indek Desa Membangun (IDM) pada tahun-tahun sebelumnya.

Penetapan Kampung Paya Tumpi Baru sebagai Desa Mandiri dilakukan secara  simbolis dalam acara penyerahan piagam penghargaan Malam Resepsi Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT Kute Takengen ke-447) yang berlangsung di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon Aceh Tengah, Sabtu malam 24 Februari 2024. Desa Mandiri juga mendapat Pin Khusus sebagai Penanda yang dapat dikenakan oleh Kepala Desanya.

Di Kabupaten Aceh Tengah, terdapat 27 Kampung yang ditetapkan sebagai Desa Mandiri salah satunya adalah Kampung Paya Tumpi Baru.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Aceh Tengah, Latif Rusdi yang mewakili Bupati Aceh Tengah pada malam resepsi itu, memberikan piagam penghargaan diwakili masing-masing lima kampung untuk kategori Desa Tercepat Penyaluran Dana Desa 2024 dan Desa Mandiri 2024 di malam Resepsi tersebut.

Sebagai Desa Mandiri, kedepan suasana baru dalam pengelolaan Dana Desa tentunya akan berbeda, bukan dana desanya berkurang, justru sebaliknya akan berpeluang bertambah dengan pemanfaatan potensi yang ada serta alokasi kinerja lainnya. Menjadi Desa Mandirim tentunya telah mampu melewati standarisasi dan evaluasi Indek Desa Membangun (IDM) pada tahun-tahun sebelumnya. Desa Mandiri juga mendapat Pin Khusus sebagai Penanda yang dapat dikenakan oleh Kepala Desanya. 

Selain itu, hal lain yang berbeda terhadap Desa Mandiri adalah pengelolaan dana desa akan berbeda dengan kategori Desa Maju atau Desa Berkembang. Desa Mandiri mendapat trasfer Dana Desa dari Pemerintah Pusat hanya dua kali tahap, 60 persen dan 40 persen tahap akhir. Sementara untuk desa diluar Mandiri masih tiga tahap 40, 40 dan 20 persen penyalurannya.

Peluang dan tantangan yang didapat terhadap Desa Mandiri ini akan semakin berpeluang besar karena masuk dalam perhatian pemerintah dan mampu memenuhi Indek Desa Membangun diatas rata-rata. (KIK)